LAYANAN KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 30 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020/2021
Main Author: | Yahya, Maghfiroh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/14453/1/COAVER.BAB%201%2C%20BAB%202%2C%20DAPUS%20%20YAHYA%20MAGFIROH.pdf http://repository.radenintan.ac.id/14453/2/FULL%20SKRIPSI%20YAHYA%20MAGFIROH.pdf http://repository.radenintan.ac.id/14453/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK LAYANAN KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 30 BANDAR LAMPUNG Oleh Yahya Maghfiroh Guru bimbingan konseling mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan perilaku kedisiplinan peserta didik. Hal ini sesuai dengan fungsi bimbingan konseling yaitu membantu peserta didik untuk berkembang secara optimal sesuai dengan perkembangan dan tuntutan yang terjadi di lingkungan. Kedisiplinan sekolah akan optimal apabila ada kerja sama dari berbagai pihak. Untuk itu, perlu adanya kontribusi dari pihak seperti kepala sekolah, para guru, staf-staf yang lain, satpam sekolah, dan peserta didik itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan konseling individual yang diberikan guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas VII SMPN 30 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil wawancara dengan narasumber, peneliti menarik kesimpulan yaitu pertama, Kedisiplinan Peserta didik di SMP Negeri 30 Bandar Lampung cukup baik, namun masih terdapat beberapa peserta didik yang tidak disiplin; kedua, kepala sekolah dan guru saling bekerja sama untuk memberikan contoh kepada peserta didik untuk senantiasa berperilaku disiplin; ketiga, keberhasilan guru BK melakukan konseling individual untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik; keempat, kerjasama antara guru, peserta didik serta orang tua untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik berjalan baik; kelima, guru BK dapat meningkatkan kedisplinan peserta didik menggunakan konseling individual. Kata kunci: konseling Individu, kedisiplinan peserta didik