TINJAUAN TERHADAP BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Main Author: ULFA, TRIANA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/14442/1/PERPUS%20PUSAT%20BAB%201%20DAN%202.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/14442/2/TESIS.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/14442/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK TINJAUAN TERHADAP BUKU TEKS PAI DAN BUDI PEKERTI SD DI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN Oleh Ulfa Triana Menurut Badan Standar Nasional Pendidikan, buku teks yang berkualitas wajib memenuhi 4 kriteria dalam aspek isi, penyajian, kegrafikan dan kebahsaan. Dalam aspek isi meliputi kesesuaian materi dengan KI dan KD, keakuratan materi, dan materi pendukung pembelajran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku teks ditinjau dari segi kelayakan isi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data telaah dokumen dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : Pada komponen kesesuaian isi dengan KI dan KD dapat diketahui bahwa uraian materi sudah mencakup semua materi yang terkandung dalam Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) PAI SD. Namun, uraian materi kurang memenuhi ranah yang dituntut KI dan KD PAI karena masih ditemukan buku teks yang tidak menyajikan tentang pengenalan huruf-huruf hijaiyah bersambung, KD pemahaman doa sebelum berwudhu, hadist mengenai tanggung jawab, dan hadist mengenai percaya diri. Pada komponen keakuratan materi, buku teks tersebut sudah memenuhi kriteria penilaian karena semua materi, contoh, dan latihan yang sudah akurat dalam arti tidak menimbulkan banyak tafsir. Pada komponen materi pendukung pembelajaran, contoh dan ilustrasi yang digunakan dalam buku teks tersebut sudah bersifat kontekstual atau diambil dari lingkungan sekitar peserta didik. Kata Kunci : Kualitas Buku Teks, Aspek Isi iiABSTRACT A REVIEW OF THE PAI TEXTBOOK AND THE CHARACTERISTICS OF SD IN SOUTH LAMPUNG DISTRICT By Ulfa Triana According to the national education standards agency, a quality textbook must fulfill 4 criteria in the aspects of content, presentation, graphics, and language. in the content aspect, it includes the suitability of the material with core competencies and basic competencies, the accuracy of the material, and supporting material of learning. this study is aimed to determine the quality of textbooks in terms of content feasibility. this study used a qualitative approach with data collection methods, document review, and interviews. the result of this study indicated that: in the component of content compatibility with core competency and basic competency, it can be seen that the material description includes all the material contained in the core competencies and basic competencies of Islamic education in elementary school. however, the material did not fulfill what has required the core competency and basic competency of Islamic education because there are still found textbooks that do not present basic competencies regarding the introduction of continued hijaiyah letters, understanding prayer before ablution, hadiths about responsibility, and hadiths regarding self-confidence. in the material accuracy component, the textbook has fulfilled the specified criteria because all material, examples, and exercises are already accurate in the sense that they do not cause many interpretations. in the supporting material component, examples and illustrations used in the textbook are contextual or taken from the environment around the students. Keywords: Quality of the textbook, Content Aspects