PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA PELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD/MI

Main Author: LARAS, SULISTI AYU
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/14424/1/SKRIPSI%201-2.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/14424/2/SKRIPSI%20LARAS%20SULISTI%20AYU.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/14424/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada pelajaran tematik kelas IV SD/MI, masalah yang ditemukan adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif, media pembelajaran yang baik adalah media pembelajaran yang dapat menciptakan suasana belajar menjadi efektif dan dapat membantu peserta didik dalam menerima pembelajaran. Berdasarkan latar belakang diatas peneliti mengajukan judul penelitian “ Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pelajaran Tematik Kelas IV SD/MI”. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada pelajaran tematik (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada pelajaran tematik (3)Mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada pelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research And Development (R&D) peneliti menggunakan lima langkah yang dikembangkan oleh Dick&Carey yaitu ADDIE yang terdiri dari Analysis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Angket respon pendidik dan peserta didik juga diberikan media mengetahui kemenarikan guna pembelajaran.Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran sparkol videoscribe pada pelajaran tematik kelas IV dengan hasil penilaian pada ahli materi mendapat nilai rata-rata sebesar 84% dengan kriteria sangat layak, hasil penilaian pada ahli media mendapat nilai rata-rata sebesar 93% dengan kriteria sangat layak, pada hasil penilaian ahli bahasa mendapat nilai rata-rata sebesar 80% dengan kriteria sangat layak, dan hasil penilaian pada respon pendidik mendapat nilai rata-rata sebesar 80% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba kelompok besar mendapat nilai rata-rata sebesar 84,13% dengan kriteria sangat layak dan uji coba kelompok kecil mendapat nilai rata-rata sebesar 84,3% dengan kriteria sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelejaran berbasis sparkol videocribe pada pelajaran tematik kelas IV yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan layak untuk digunakan. Kata kunci: sparkol videoscribe, pembelejaran tematik.