PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN BAHAN AJAR DESAIN DIDAKTIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Main Author: | FITRI, ISNAINI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/14391/1/COVER%2CBAB%201%2CBAB%202%2CDAPUS%20%20FITRI%20ISNAINI.pdf http://repository.radenintan.ac.id/14391/2/FULL%20SKRIPSI%20FITRI%20ISNAINI.pdf http://repository.radenintan.ac.id/14391/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep matematis pada penelitian ini tergolong masih rendah. Hal ini dapat dilihat pada hasil pra penelitian pada tes awal kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik MTs Miftahul Ulum Kelumbayan Barat. Selain itu sekolah juga kurang variatif dalam menerapkan model pembelajaran. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran Group Investigation berbantuan modul desain didaktis untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbantuan bahan ajar desain didaktis untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Jenis penelitian ini merupakan quasy experimen design, dengan populasi peserta didik kelas VIII MTs Kelumbayan Barat. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan materi persamaan garis lurus. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah dengan uji anava satu jalan menggunakan aplikasi SPSS dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig. 0,05 sehingga ditolak, artinya ada perbedaan pada peningkatan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil uji komparasi ganda dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran group investigation lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional (2) model pembelajaran group investigation berbantuan bahan ajar desain didaktis lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation berbantuan bahan ajar desain didaktis dan model pembelajaran group investigation lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Kata kunci : Model Pembelajaran Group Investigation, Desain Didaktis, dan pemahaman konsep matematis