PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS VIII DI MTS HIDAYATUL KHAIR PEKURUN UDIK KOTABUMI LAMPUNG UTARA

Main Author: SITI, NURJANAH
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/14183/1/COVER%20BAB%201-2%20DAPUS.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/14183/2/FUUL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/14183/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pernyataan bahwa mutu pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah, salah satunya berkaitan dengan hasil belajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah perbedaan kemampuan dalam memahami pelajaran dan kurang kreatifitasnya guru dalam menyampaikan pelajaran. Masalah ditemukan di MTs Hidayatul Khair Pekurun Udik Kotabumi Lampung Utara bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah terutama pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis kelas VIII karena pendidik masih menggunakan model pembelajaran Konvensional yang berpusat pada pendidik. Model Pembelajaran yang dapat dijadikan solusi untuk masalah tersebut adalah Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis kelas VIII di MTs Hidayatul Khair Kotabumi Lampung Utara. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTs Hidayatul Khair yang berjumlah 62 orang sedangkan sampel yang diambil adalah kelas VIII B sebagai kelas Eksperimen dan VIII C sebagai kelas Kontrol.Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji independent sampel test adalah = 2.871 > = 0,007 dengan demikian ditolak dan diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Inetraction (ATI) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur‟an hadis kelas VIII di MTs Hidayatul Khair Pekurun Udik Kotabumi Lampung utara. Kata Kunci : Aptitude Treatment Interaction, Hasil Belajar.