PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA
Main Author: | Nia, Indah Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/14118/1/PERPUS%20PUSAT%20BAB%201.2.pdf http://repository.radenintan.ac.id/14118/2/SKRIPSI%20%20LENGKAP%20NIA.pdf http://repository.radenintan.ac.id/14118/ |
Daftar Isi:
- ABSTAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA Oleh: Nia Indah Sari Keterampilan proses sains saat ini sangat diperlukan oleh peserta didik karena melibatkan peserta didik secara aktif dalam mengembangkan keterampilan, pengetahuan, pengalaman serta dapat mengarahkan peserta didik pada kegiatan pembelajaran dalam memperoleh pemahaman berdasarkan ilmiah. Fakta dilapangan menunjukan bahwa keterampilan proses sians peserta didik belum sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu faktor penyebab permasalahan tersebut adalah pembelajaran yang kurang memberikan kesempatan peserta didik untuk aktif dalam mengembangkan potensi secara ilmiah. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif menggunakan metode quasi eksperimen, dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Jati Agung Lampung Selatan. Sampel dalam penelitian adalah kelas VIII B dengan jumlah 26 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan model pembelajaran Inkuri Terbimbing dan kelas VIII A dengan jumlah 26 peserta didik sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan model pembelajaran Direct Intruction. Berdasarkan analisis data menggunakan Uji-T untuk hasil gabungan dari nilai posttest dan lembar observasi keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh data taraf signifikan yaitu 000, dimana nilai 000 < 0,05 dengan Fhitung = 2.216 maka terdapat perbedaan signifikan antara hasil posstest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan pembelajaran yang menggunakan model Inkuiri Terbimbing berpengaruh terhadap keterampilan proses sians peserta didik kelas VIII di SMPN Satu Atap 1 Jati Agung Lampung Selatan. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Poses Sain