PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CORONG BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II SD/MI

Main Author: LAILY, AGUSTINI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/14102/1/SKRIPSI%20BAB%201%262.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/14102/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/14102/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CORONG BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II SD/MI Oleh Laily Agustini Berdasarkan Latar belakang masalah maka, masalah yang ditemukan Peneliti dalam penelitian ini ialah belum digunakannya media pembelajaran corong berhitung dalam pelajaran matematika pada materi penjumlahan, perkalian dan pembagian. media yang digunakan masih berupa buku cetak sebagai bahan ajar serta gambar pada karton selain itu sarana papan tulis yang digunakan oleh pendidik. Sehinga hal tersebut menjadikan pembelajaran kurang variatif dan cenderung membuat peserta didik bosan. Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka peneliti memilih judul penelitian” Pengembangan Media Pembelajaran Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas II SD/MI. Peneilitian ini bertujuan untuk mengembangkan media corong berhitung untuk dapat mengetahui tingat kemenarikan dan kelayakan penggunaan, serta mengetahi respon peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran corong berhitung pada pembelajaran matematika. Metode penelitian mengadaptasi pada model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall.penelitian menggunakan tujuh langkah sebagai berikut: 1) Potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) perbaikan produk, 6) uji coba produk, 7) revisi produk. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa: angket ahli bahasa, angket ahli materi, dan angket ahli media serta angket tanggapan pendidik untuk mengetahui kelayakan produk, angket respon peserta didik digunakan untuk mengetahui kemenarikan produk. Sasaran dari penelitian dan pengembangan adalah peserta didik kelas II SD/MI di MIN 4 Bandar lampung dan SDN 1 Mekar Asri Tulang Bawang Barat. iiiHasil penelitian yang telah dikembangkan memperoleh desain berupa media pembelajaran corong berhitung terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas II mendapatkan nilai presentase kelayakan 82% oleh ahli bahasa, 94% oleh ahli materi, 82% ahli media daan 97% oleh pendidik. Presentase respon peserta didik terhadap kemenarikan produk memperoleh 95%. Berdasarkan hasil uraian diatas maka produk yang dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : Matematika, Media Pembelajaran Corong Berhitung, Hasil Belajar.