PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK SMA KELAS XI
Main Author: | ITA, APRILIA NINGSIH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/14074/1/FULL%20SKRIPSI%20Ita%20Aprilia%20Ningsih.pdf http://repository.radenintan.ac.id/14074/2/COVER%2C%20BAB%201%2C%20BAB%202%20DAPUS%20%20%20Ita%20Aprilia%20Ningsih.pdf http://repository.radenintan.ac.id/14074/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK SMA KELAS XI Oleh : Ita Aprilia Ningsih Rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah peserta didik dapat diatasi dengan memberdayagunakan model pembelajaran Team Asissted Inividualization (TAI). Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model Team Asissted Inividualization (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah peserta didik kelas XI. Metode penelitian kuasi eksperimen dengan postest only control group design. Kelas XI IPA menjadi populasi, XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen berupa tes tertulis soal essay kemampuan pemecahan masalah dan angket sikap ilmiah. Analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan pada kelas kontrol, yaitu 76,74>67,88 dengan thitung>ttabel atau 4,40>1,99, 2) Rata-rata sikap ilmiah peserta didik di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol, yaitu 76,59>70,22 dengan thitung>ttabel atau 4,64>1,99. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Team Asissted Inividualization (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), Kemampuan Pemecahan Masalah, Sikap Ilmiah