EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN REBT (Rational Emotive Behavior Therapy) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII 2 SMP NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: Zamzami, Hidayat
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/1405/1/Skripsi_Zamzami.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/1405/
Daftar Isi:
  • Motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan muculnya “feeling” dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Dalam proses pembelajaran , jika seorang peserta didik tidak memiliki motivasi yang baik, maka akan sulit untuk dapat mencapai tujuan dari pembelajaran. Hasil belajar akan optimal jika peserta didik memiliki motivasi dalam belajar, semakin tepat motivasi yang diberikan , maka akan semakin berhasil pula proses pembelajaran itu. Motivasi belajar yang rendah masih terdapat pada peserta didik kelas VIII 2 di SMP Negeri 2 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui keefektivan layanan konseling individu dengan pendekatan rational emotive behavior therapy dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII 2 SMP Negeri 2 Bandar Lampung. Desain penelitian ini adalah quasi experiment. Peneliti menggunakan pretest and posttest design, karena dalam penelitian ini untuk mengetahui keefektivan konseling indivivu dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang dijadikan sampel penelitian, dalam desain ini, sampel dikenakan 2 kali pengukuran. Pengukuran pertama dilakukan untuk mengukur tingkat motivasi belajar sebelum diberikan perlakuan (treatment), dan pengukuran kedua dilakukan tingkat motivasi belajar sesudah diberikan perlakuan (treatment). Hasil perhitungan pengujian diperoleh thitung -12.913 pada derajat kebebasan (df) 3 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0,05 = 2.776, maka thitung ≥ ttabel (-12.913 ≥2.776) atau nilai sign.(2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0,005 (0.001 ≤ 0,005), ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan nilai Pvalue=0,001 dengan angka probabilitas α=0,05 jadi Pvalue=0,001 < 0,05 artinya perbedaan antara nilai pretest dan posttest adalah signifikan, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara skor motivasi belajar sebelum dan sesudah diberikan treatment dengan kata lain Ha diterima yang artinya penggunaan konseling individu dengan pendekatan rational emotive behavior therapy dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII 2 SMP Negeri 2 Bandar Lampung.