PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs N 2 BANDAR LAMPUNG
Main Author: | M. RISKY, RANOSA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/14010/1/skripsi%201-2.pdf http://repository.radenintan.ac.id/14010/2/M._Risky_Ranosa_1711030036_skripsi%20cetak.pdf http://repository.radenintan.ac.id/14010/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Kepemimpinan kepala madrasah adalah dasar sekaligus pendorong yang sangat penting dalam sebuah lembaga pendidikan, karena kepemimpinan kepala madrasah memimpin secara keseluruhan sumber daya manusia termasuk yang paling penting adalah guru atau pendidik yang mana dalam hal ini adalah kinerja guru. Untuk itu, kepala madrasah harus menjadi contoh dan menjalankan tanggungjawabnya terhadap apan yang seharusnya dilakukan terhadap guru, sebab guru adalah orang yang berhadapan langsung dengan peserta didik sehingga perlu memiliki kemampuan-kemampuan atau kompetensi-kompetensi, yakni kemampuan pedagogik, kemampuan kepribadian, kemampuan profesional dan kemampuan sosial sehingga nantinya akan mampu untuk melahirkan generasi-generasi peserta didik yang berprestasi sesuai dengan kemampuannya masing-masing. adapun rumusan penelitian ini adalah Bagaimana Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Mts N 2 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah tsanawiyah Negeri (Mts N) 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data wawancara, observasi dan tekhnik dokumentasi. Fokus informasi pada penelitian ini berasal dari kepala madrasah dan guru (pendidik), dan juga informasi yang berasasl dari tenaga pendidik, keamanan madrasah, serta seorang kebersihan madrasah. Informan yang paling utamma dalam penelitian ini ialah kepala madrasah sebab kepala madrasah terlibat langsung dengan guru atau pendidik di Mts N 2 Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepemimpinan kepala madrasah yaitul 1) Mempengaruhi dalam mengelola pembelajaran peserta didik dengan cara memantau membuat RPP serta melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat pelatihan terutama mengenai pemeblajaran secara daring, 2) Menggerakkan yakni menjadi teladan atau contoh bagi masyarakat madrasah terutama guru, contohnya saja kepala madrasah tidak sungkan untuk mengambil sampah ketika guru atau petugas kebersihan tidak ada, berpakaian rapih, tepat waktu, tegas dan lain sebagainya sehingga secara tidak langsung menjadi contoh tersendiri bagi warga madrasahnya, 3) Memotivasi dengan cara mewajibkan setiap guru yang memiliki kepentingan dengan peserta didik harus dilakukan di madrasah guna menjaga keprofesionalan guru itu sendiri, dan terakhir 4) Membina yang dalam prosesnya dengan cara melakukan pembebasan kepada guru menggunakan metode pembelajaran yang bagaimana serta memberikan teguran atau sanksi pada guru yang kurang disiplin. Kata Kunci: Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kemampuan Guru atau Pendidik