ANALISIS KEGIATAN KEPANDUAN HIZBUL WATHAN (HW) PADA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG

Main Author: ILHAM, SYAHRUDIN
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/13976/1/SKRIPSI_FULL.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/13976/2/SKRIPSI_PERPUS.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/13976/
Daftar Isi:
  • Abstrak Oleh ILHAM SYAHRUDIN Pendidikan karakter merupakan suatu upaya untuk membentuk kepribadian bangsa. Gerakan kepanduan Hizbul Wathan (HW) adalah sebuah wadah untuk membentuk serta membina karakter siswa yang ada di sekolah milik persyarikatan Muhammadiyah. Penelitian ini secara khusus meneliti tentang analisis kegiatan kepanduan Hizbul Wathan (HW) pada pembentukan karakter siswa di Sd Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses kegiatan kepanduan Hizbul Wathan (HW) dalam upaya pembentukan karakter siswa di Sd Muhammadiyah 1 Bandar Lampung dan apa saja faktor pendukung dan penghambat kegiatan Hizbul Wathan (HW) di Sd Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian model studi kasus (Cash and Field Study). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pembentukan karakter melalui kegiatan kepanduan Hizbul Wathan (Hw) serta mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan kepanduan Hizbul Wathan (HW). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dari teknik triangulasi yang dicapai dengan jalan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara. Teknis analisis data dalam penelitian ini ada tiga tahapan yaitu pengmpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pendidikan karakter melalui kegiatan kepanduan Hizbul Wathan (HW) dilakukan dengan habitual action, pengejawatan keteladanan para pendidik, penugasan, ceramah dan punishment. Bentuk dari Habitual action diantaranya pelatih menyuruh siswa untuk selalu datang tepat waktu, mengucapkan salam ketika bertemu dengan guru ataupun siswa lain, selalu bersikap jujur, senantiasa berfikir kritis peduli dengan orang lain dan tidak mudah menyerah serta menghormati dan menghargai orang lain. Bentuk dari pengejawatan keteladanan para pendidik diantaranya memberikan contoh secara langsung kepada anggota Hizbul Wathan (HW). bentuk dari penugasan diantaranya yaitu saat dalam pembelajaran siswa di berikan tugas baik secara individu mapun kelompok. Kemudian memberikan ceramah tentang pentingnya memiliki dan mengamalkan prilaku dari Nabi Muhammad SAW. Pemberian punishment dilakukan untuk memberikan efek jera kepada siswa agar ia tidak mengulangi sebuah pelanggaran yang sama. Kemudian dalam pelaksanaan kegiatan kepanduan Hizbul Wathan (HW) terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya ialah kepala sekolah, wali murid dan murid. Sedangkan faktor penghambatnya ialah kondisi halaman sekolah yang kurang memadai untuk latihan praktek dan beberapa siswa berkarakter pasif yang sangat kontradiktif dengan karakteristik pembelajaran Hizbul Wathan (HW) yang aktif. Kata Kunci : Karakter, Kegiatan Kepanduan Hizbul Wathan (HW