PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRYPADA MATERI ORGAN GERAK HEWAN KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH

Main Author: AHMAD, FADHIL
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/13908/1/perpus%20pusat.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/13908/2/Ahmad%20Fadhil%201611100363.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/13908/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Bahan ajar sebagai sumber informasi dapat berfungsi untuk keperluan pembelajaran atau penyampaian informasi. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, respon pendidik, dan peserta didik terhadap LKPD dengan pendekatan Guided Inquiry materi organ gerak hewan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan jenis model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan penilaian ahli materi sebesar 79.89% dengan kriteria validasi “Tinggi”, ahli bahasa sebesar 78.75% dengan kriteria validasi “Tinggi”, dan ahli media sebesar 76.66% dengan kriteria validasi “Tinggi” dan hasil presentase rata-rata validasi penilaian oleh 3 ahli mendapatkan penilaian 78.43% dengan kriteria “Tinggi”.Respon peserta didik terhadap uji coba kelompok kecil sebesar 92.50% sedangkan uji coba kelompok besar adalah sebesar 83.20% dan respon pendidik sebesar 96.25% dengan kriteria “Sangat Tinggi”. Sehingga LKPD dengan pendekatanGuided Inquiry layak dan sangat menarik digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran IPA. Kata Kunci:LKPD, Bahan Ajar, Organ Gerak Hewan.