PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending (CORE) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Main Author: DESTY, SULISTYA NINGSIH
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/13854/1/bab%20I-II-dapus.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/13854/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/13854/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penguasan konsep dan kemampuan argumentasi adalah salah satu tolak ukur keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran biologi. Berdasarkan hasil pra- penelitian di SMA Negeri 9 Bandar Lampung, penguasan konsep dan kemampuan argumentasi peserta didik perlu ditingkatkan. Faktor yang mempengaruhi rendahnya penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi adalah model pembelajaran. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui 1) Pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending (CORE) terhadap penguasaan konsep peserta didik kelas XI pada mata pelajaran biologi, 2) Pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending (CORE) terhadap kemampuan argumentasi peserta didik kelas XI pada mata pelajaran biologi. Pada penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes tertulis dan lembar observasi. Data dari hasil penelitian dianalisis menggunakan uji n-Gain ternormalisasi dan independent sample t-tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Nilai n-Gain penguasaan konsep pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 0,47>0,35 dengan thitung>ttabel atau 2,653>1,999. 2) Nilai n-Gain kemampuan argumentasi pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 0,48>0,32 dengan thitung>ttabel atau 6,203>1,999. Sehingga dapat disimpulkan bahwa 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending (CORE) terhadap penguasaan konsep peserta didik, 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending (CORE) terhadap kemampuan argumentasi peserta didik. Kata Kunci: Model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending (CORE), Penguasaan Konsep, Kemampuan Argumentasi