PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) BERBANTUAN APPYPIE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK
Main Author: | ERNA, SARI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/13675/1/ERNA%20SARI_1611050385.pdf http://repository.radenintan.ac.id/13675/2/SKRIPSI%202.pdf http://repository.radenintan.ac.id/13675/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, respon pendidik dan peserta didik, serta keefektivitasan media pembelajaran berupa buku saku digital berbasis STEM berbantuan appypie terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi SPLDV. Subyek penelitian ini adalah peserta didik MTs 2 Negeri Bandar Lampung. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media dan angket respon peserta didik. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analysis, design, development, implementation, evaluation. Adapun hasil analisis data yang diperoleh dari ahli materi dan ahli media dinyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan dengan rata-rata skor 3,63 ahli materi dan 3,73 ahli media. Hasil respon peserta didik dinyatakan media pembelajaran yang dikembangkan sangat menarik untuk digunakan dengan rata-rata skor 3,52 untuk uji coba kelas kecil dan 3,77 untuk uji coba kelas besar. Adanya COVID-19 yang terjadi secara global diseluruh dunia menyebabkan penelitian hanya terbatas pada tahap development, sehingga uji efektivitas buku saku digital berbasis STEM berbantuan appypie dalam proses pembelajaran tidak dapat dilaksanakan. Kata kunci: Buku Saku Digital; Science, Technology, Engineering, And Mathemtics; STEM; Appypie; Kemampuan Komunikasi Matematis.