PERAN PEMBINA ASRAMA DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN KOKURIKULER DI ASRAMA PUTRI 2 UIN RADEN INTAN LAMPUNG DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA TAHUN AJARAN 2019/2020
Main Author: | AULIA, MEIWANI PUTRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/13673/1/SKRIPSI_FULL.pdf http://repository.radenintan.ac.id/13673/2/SKRIPSI_PERPUS.pdf http://repository.radenintan.ac.id/13673/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Kegiatan kokurikuler merupakan kegiatan tambahan di Asrama Putri 2 UIN Raden Intan Lampung, yang ditujukan sebagai wadah pengembangan potensi para mahasiswa yang tinggal di dalamnya. Kegiatan kokurikuler diarahkan oleh seorang pembina asrama. Penelitian ini di latar belakangi oleh para mahasiswa/I prestasi belajarnya meningkat secara signifikan setelah mengikuti serangkaian kegiatan kokurikuler di asrama. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang peran pembina asrama di dalam pelaksanaan kegiatan kokurikuler dan relevansinya terhadap peningkatan belajar mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan dengan strategi, paradigma, model yang dikembangkan lagi menjadi beragam. Analisis yang digunakan adalah kualitatif, cara menganalisisnya dengan metode berfikir induktif. Untuk menguji keabsahan data penulis memperpanjang pengamatan di lapangan, triangulasi, bahan referensi lain dan member check. Asrama Putri 2 terletak di dalam lingkungan kampus UIN Raden Intan Lampung. Sarana dan pra sarana Ma’had al-Jami’ah cukup baik. Asrama memiliki struktur kepengurusan dan sistem akademik sendiri. Banyak mahasiswa berprestasi yang berdomisili di asrama. Pembina asrama yang dimaksudkan dalam penelitian ini berupa Muallim’ah, Musyrif/ah dan Mudabbir/ah. Peran pembina asrama dalam kegiatan pelaksanaan kokurikuler di atas ialah sebagai Active Speaker, Commander dan Figure dalam program intensifikasi bahasa asing, sedangkan di dalam Pengamalan Ibadah (PPI) dan Qira’atul Qur’an pembina berperan sebagai Mustami dan Musahah, di dalam Muhadharah pembina berperan sebagai Supervisor dan Judges. Berdasarkan analisis data di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Peran Pembina Asrama dalam Pelaksanaan Kegiatan Kokurikuler di Asrama Putri 2 sudah berjalan secara maksimal dan berkaitan erat dengan prestasi belajar mahasiswa. Kata Kunci: Kokurikuler, Peran Pembina Asrama