IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAMPEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDIT FITRAH INSANI KEDAMAIAN BANDAR LAMPUNG

Main Author: ROHMIYANI, Manhuri
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/13611/1/BAB%201%262.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/13611/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/13611/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Proses pembelajaran pada Kurikulum 2013 untuk semua jenjang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik (scientific approach) dalam pembelajaran dapat diartikan sebagai cara pembelajaran yang didasarkan proses ilmiah dengan melaksanakan langkah- langkah yang logis dan empiris. SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung dalam setiap proses pembelajaran yang dilakukan sudah mengacu pada kurikulum 2013 yaitu menggunakan pendekatan saintfik salah satunya yaitu dalam pembelajaran matematika. Namun dalam pelaksanaannya penulis melihat terdapat aktifitas kegiatan yang belum terlaksana dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika kelas IV di SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung. Penelitian ini Bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika kelas IV SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung. Manfaat dalam penelitian ini adalah memberikan pengetahuan dan wawasan tentang penerapan pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran matematika. Penilitian ini merupakan penelitian kulitatif deskriptif. Dengaan subyek penelitian yaitu guru matematika dan peserta didik kelas IV di SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung. Objek penelitian ini adalah implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika. teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum melaksanakan pembelajaran guru terlebih dahulu membuat perencanaan pembelajaran dengan mengkaji silabus, buku guru, serta menyusun RPP yang menjabarkan langkah kegiatan pendekatan saintifik. Guru sudah melaksanakan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan saintifik meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ mencoba, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan. Namun masih terdapat tahapan- tahapan kegiatan pendekatan saintifik yang belum berjalan dengan baik. Hambatan yang ditemui guru pada pelaksanaan pendekatan saintifik yaitu ketika peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran dan alokasi waktu yang ditentukan terkadang tidak cukup untuk melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan RPP. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Matematika