PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 WAY LUNIK PANJANG BANDAR LAMPUNG

Main Author: Lia, Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/13559/1/SKRIPSI%202.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/13559/2/SKRIPSI%20Lia%20Sari.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/13559/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangin belum optimalnya kemampuan numerik yang diperoleh pada peserta didik kelas V di SDN 1 Way Lunik,Panjang Bandar Lampung.Salah satu faktor rendahnya hasil kemampuan numerik siswa yaitu kurang meresponnya peserta didik dalam pembelajaran.kemampuan numerik dalam pembelajaran matematika sangat di perlukan oleh peserta didik untuk mempermudah proses belajar mengajar. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang sekaligus dapat melihat perkembangan kemampuan numerik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengeruh model pembelajaran Teams Games Tournamnet (TGT) terhadap kemampuan numerik matematika pada peserta didik kelas V SDN 1 Way Lunik Panjang Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperiment (Quasy Eksperimen Design). Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 1 Way Lunik,Panjang Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V B sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Untuk mengukur hasil kemampuan numerik peserta didik dilakukan tes dengan soal uraian berjumlah 10 butir soal. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Dependent Sample t – Test atau Paired sample t – Tes dengan taraf 5% diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam hipotesis jika Sig. < 0,05 (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran teams games tournament terhadap kemampuan numerik peserta didik kelas V di SDN 1 Way Lunik,Panjang Bandar Lampung. Kata Kunci : Model Pembelajaran teams games tournament (TGT), Kemampuan Numerik.