PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

Main Author: FITRIA, ADELITA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/13554/1/BAB%20I-II-DAPUS.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/13554/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/13554/
Daftar Isi:
  • PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman konsep bagi peserta didik merupakan suatu hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran matematika. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep peserta didik kelas VII MTs SA Raudlatul Huda Al-islamy, sehingga masih banyak peserta didik yang tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Peneliti menggunakan metode hypnoteaching. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode (hypnoteaching) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik, pengaruh metode (hypnoteaching) terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik, dan pengaruh metode (hypnoteaching) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Cluster Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs SA Raudlatul Huda Al-islamy. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A dan kelas VII B. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Manova dengan derajat angka signifikansi yang dipakai yaitu , dan diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh metode (hypnoteaching) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik (2) terdapat pengaruh metode (hypnoteaching) terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik (3) terhadap pengaruh metode (hypnoteaching) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Kata Kunci : Metode Hypnoteaching, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Pemahaman Konsep