PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD/MI

Main Author: TIKA, VIOLITA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/13424/1/1%20skripsi%20tika%20violita.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/13424/2/SKRIPSI%202.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/13424/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD/MI Oleh TIKA VIOLITA Penelitian ini dilakukan karena belum dikembangkannya media pembelajaran tematik menggunakan permainan tradisional engklek di kelas V SDIT Tresna Asih dan MIN 3 Bandar Lampung. Pada saat pembelajaran berlangsung pendidik sudah menggunakan media pembelajaran, namun media pembelajaran yang digunakan kurang bervariatif, hanya berupa buku dan gambar saja, serta belum pernah diterapkannya belajar sambil bermain. Penelitian ini mengenai pengembangan permainan tradisional engklek sebagai media pembelajaran tematik kelas V SD/MI yang dapat membantu pendidik dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah pengembangan (Research and development atau R&D).Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang menggunakan 5 langkah tahapan dalam penelitian, yaitu 1) Analysis 2) Design 3) Development 4) Implementation 5) Evaluation. Instrument yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kelayakan permainan engklek dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap kemenarikan permainan engklek sebagai media pembelajaran tematik yaitu menggunakan skala Likert. Analisis data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari ahli media, ahli materi, pendidik, dan peserta didik kelas V SD/MI. Hasil penelitian yang telah dikembangkan memperoleh desain media pembelajaran berupa permainan tradisional engklek pada pembelajaran tematik dengan persentase kelayakan ahli media 86% dan ahli media 86% dengan dengan kriteria “sangat layak”. Persentase respon peserta didik terhadap kemenarikan produk pada uji coba skala kecil memperoleh persentase 91,17% dengan kriteria “sangat menarik” dan uji coba skala besar 93,41% serta respon pendidik sebesar 97,22% dengan kriteria “sangat menarik”. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba produk maka penulis dapat menyimpulkan bahwa media pembelajaran berupa permainan tradisional engklek layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran Kata kunci : Media, Permainan, Permainan Tradisional, engklek