IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG
Main Author: | ENDANG SAFITRI, SAF |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/13410/1/Tesis%20Full.pdf http://repository.radenintan.ac.id/13410/2/Awal%20-%20BAB%20II%20dan%20Daftar%20Pusataka.pdf http://repository.radenintan.ac.id/13410/3/Persetujuan.pdf http://repository.radenintan.ac.id/13410/ http://repository.radenintan.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitain ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen mutu terpadu pendidikan di MTs Negeri 2 Bandar Lampung pada fokus pada pelangan, keterlibatan total, pengukuran, komitmen, dan perbaikan berkelanjutan. Penelitan ini mengunakan teori Jerome S. Arcaro. Penelitan ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan dalam penelitan ini dilakukan dengan mereduksi data, setelah itu disajikan dalam bentuk deskripsi, dan diverifikasi dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa: 1) Implementasi manajemen mutu pada fokus pada pelangan sudah berjalan dengan baik baik, karena madrasah tidak hanya melibatkan pihak internal dalam setiap prosesnya tetapi juga melibatkan pihak eksternal, serta madrasah ditunjang dengan akreditasi yang ungul A, dan didukung dengan program-program ungulan, adapun dalam hal sarana dan prasarana harusnya merasa untuk semua program kelas. 2) Implementasi manajemen mutu pada keterlibatan total sudah berjalan dengan baik dengan adanya MGMP, dibawah bimbingan kepala madrasah, dibinanya kerjasama antara guru dan siswa diluar jam pelajaran, serta adanya tupoksi sesuai job description masing-masing. 3) Implementasi manajemen mutu terpadu pada pengukuran sudah berjalan dengan baik dengan mempunyai struktur organisasi yang mengandung kontrol, dan adanya rapat evaluasi. 4) Implementasi manajemen mutu terpadu pada membangun dan menjaga komitmen sudah berjalan dengan baik dengan selalu diadakanya rapat kordinasi, memberikan reward kepada guru pembimbing dan pelatih serta siswa yang memenangkan lomba, dalam menjaga komitmenya pun madrasah pun tetap setoran hafalan tahfidz walaupun dalam keadan covid-19, dan ikut serta dalam setiap event perlomban. 5) Implementasi manajemen mutu pada perbaikan berkelanjutan juga sudah berjalan dengan baik dengan selalu diadakanya supervisi, serta adanya workshop dan pelatihan-pelatihan. Kesimpulan : Implementasi manajemen mutu terpadu di mts negeri 2 Bandar Lampung sudah berjalan denan baik, walaupun dalam pelaksananya masih ada sedikit kendala maupun hambatan, kualitas madrasah yang baik disebabkan karena adanya program-program yang mendukung, adanya keterlibatan dari pihak internal maupun eksternal, adanya kontrol yang baik dari kepala sekolah, adanya komitmen seluruh stakeholders, dan adanya supervisi, workshop serta pelatihan