PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK

Main Author: ANGGARA, YUGO PRATAMA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/13335/1/BAB%20I-II-DAPUS.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/13335/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/13335/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK Oleh Anggara Yugo Pratama Kemampuan pemahaman konsep adalah kemampuan yang dimiliki peserta didik dalam memahami gagasan atau konsep matematika, bukan hanya sekedar menghafal konsep yang telah dipelajari, tetapi bisa menjelaskan kembali dalam cara yang berbeda sehingga mudah untuk dimengerti dan dipahami pada setiap penyelesaian matematika. Berdasarkan hasil pra-penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di Mts Al-Hikmah Bandar Lampung masih rendah terlihat dari proses peserta didik dalam menyelesaikan soal, hal ini disebabkan kurang variatifnya model pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran project based learning (pjbl) menggunakan bahan ajar gamifikasi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimen Desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung, dengan teknik Simple Random Sampling didapat sampelnya yaitu kelas VIII A dan VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan adalah uji analisis variansi satu jalan. Hasil uji anova satu arah dengan menggunakan SPSS diperoleh hasil bahwa nilai sig. < 0,05 sehingga ditolak sehingga ada minimal 1 pasang model yang memberikan rataan hasil yang berbeda. Berdasarkan hasil komparasi ganda dapat disimpulkan bahwa (1) model penerapan model pembelajaran project based learning (pjbl) menggunakan bahan ajar gamifikasi lebih baik dengan model pembelajaran project based learning (pjbl) terhadap peningkatan pemahaman matematis peserta didik. (2) model pembelajaran project based learning (pjbl) menggunakan bahan ajar gamifikasi lebih baik dengan model pembelajaran konvesional. (3) model pembelajaran project based learning (pjbl) lebih baik dengan model pembelajaran konvesional. Kata Kunci: Model Project Based Learning (PjBL); Bahan Ajar Gamifikasi, Pemahaman Konsep Matematis