PENGARUH PENERAPAN STRATEGI QUANTUM QUOTIENT TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GADING REJO
Main Author: | SITI, FATIMAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/13245/1/SKRIPSI%20FULL%20SITI%20FATIMAH.pdf http://repository.radenintan.ac.id/13245/2/SKRIPSI%20BAB%201%262.pdf http://repository.radenintan.ac.id/13245/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Model pembelajaran adalah merupakan pola umum prilaku pembelajaran dalam mencapai untuk mewujudkan tujuan pembelajaran yang di harapkan di dalam kelas. Beberapa guru belum mengembangkan model pembelajaran yang mengikut sertakan peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas. Kurang nya kerja sama antara peserta didik dengan peserta didik lain nya, kurang nya berkonsentrasi hal ini dapat menyebabkan peserta didik cenderung kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menggunakan Model Pembelajaran Quantum Quotient untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk meningkatkan kemampuan kerja sama dan kreatifitas nya baik itu kemampuan individu maupun kelompok. Maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran quantum quotient dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada ranah kognitif peserta didik kelas VII di SMP N 2 Gading Rejo?”Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran quantum quotient dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada ranah kognitif peserta didik kelas VII di SMP N 2 Gading Rejo. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental design dengan jenis prettest and posttest one grup design. Penelitian ini di lakukan di SMP N 2 Gading Rejo, dengan tekhnik pengambilan sampel yaitu Cluster Random Sampling yaitu tekhnik pengambilan berdasarkan kelompok tidak terdiri dari individu. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 20 peserta didik, dengan tekhnik pengumpulan data dengan tes.Berdasarkan analisis dan perhitungan uji-t, di dapatkan nilai Sig.000 maka jika nilai di peroleh nilai Sig. < 0,05 (5%). Pada Sig. (2-tailed) diperoleh 0,000 < 0,05 maka terdapat pengaruh hasil belajar peserta didik. Maka hipotesis Ho di tolak dan Ha di Dari data hasil penelitian di atas tersebut maka dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Quotient dengan peserta didik terhadap pembelajaran fiqih secara langsung dengan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif . Peserta didik yang mendapat model pembelajaran Quantum Quotient menghasilkan hasil belajar peserta didik yang meningkat dengan kriteria tinggi. Kata Kunci : Model Pembelajaran Quantum Quotient, Hasil Belajar ,PAI, Ranah Kognitif.