KOMPETENSI GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN PAI DI SD N 2 KALIWUNGU KECAMATAN KALIREJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Main Author: FINA, SHOFIANA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/13237/1/SKRIPSI%20%20full.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/13237/2/SKRIPSI%20%20BAB%201%262.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/13237/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Keberhasilan seorang pendidik tentu didukung oleh kemampuan dasar yang diimplementasikan dalam proses interaksi edukatif untuk mengabdikan diri sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Namun dalam kenyataannya tidak semua pendidik dapat memaksimalkan kompetensi yang dimiliki untuk mengedukasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi seorang pendidik dalam pengelolaan pembelajaran, strategi profesional dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif sebab penelitian ini menggambarkan bagaimana kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran PAI di SD N 2 Kaliwungu Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru PAI SD N 2 Kaliwungu Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi yang dimiliki guru dalam mengelola pembelajaran seperti penyusunan rencana pembelajaran, menjelaskan tujuan pembelajaran, memilih materi, mengorganisasikan materi, menentukan metode, menentukan media, menyusun perangkat penilaian, menentukan teknik penilaian dan mengalokasi waktu. Kemudian kemampuan interaksi belajar mengajar yang meliputi membuka pelajaran, menyajikan materi, menggunakan metode, menggunakan media, memotivasi peserta didik, mengorganisasikan kegiatan, berinteraksi dengan peserta didik, menyimpulkan pembelajaran, memberikan umpan balik serta evaluasi yang dilakukan setiap selesai satu materi pokok bahasan. Kata kunci : Kompetensi, Profesional, dan Pengelolaan Pembelajaran