PENGEMBANGAN MAJALAH MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII MTs

Main Author: ANNISA, RAHMATIKA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/13144/1/BAB%20I-II-DAPUS.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/13144/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/13144/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berupa Majalah Matematika Berbasis (CTL) pada penyajian materinya, dan dengan materi Aritmatika Sosial. Disamping mengembangkan produk, penelitian ini bertujuan juga untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang memiliki tahapan Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Penelitian ini juga melibatkan peserta didik kelas VII MTs GUPPI 1 BABATAN Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalaui wawancara, dan angket. Berdasarkan penilaian angket validasi oleh ahli materi, produk dinyatakan ―Valid‖, dengan skor rata-rata sebesar 3,48. Dan pada penilaian angket validasi oleh ahli media, produk dinyatakan ―Valid‖ dengan skor rata-rata sebesar 3,44. Begitu juga pada penilaian angket validasi oleh ahli bahasa, produk dinyatakan ―Valid‖ dengan skor rata-rata sebesar 3,40. Dan respon pendidik produk dinyatakan ―Sangat Menarik‖, dengan skor rata-rata 3,32. Adapun respon peserta didik dalam uji coba kelompok kecil yang diikuti oleh 9 peserta didik dari kelas VII C, produk dinyatakan ―Sangat Menarik‖ dengan rata-rata skor sebesar 3,63 dan pada uji coba kelompok besar yang dilakukan pada 26 peserta didik kelas VII A mendapat skor rata-rata sebesar 3,62 dengan interpretasi ―Sangat Menarik‖. Dengan demikian, didapat suatu kesimpulan bahwa produk yang dikembangkan yakni berupa Majalah Matematika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Aritmatika Sosial Kelas VII MTs dinyatakan valid dan menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Majalah Matematika, Contextual Teaching and Learning (CTL)