PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGURANGI PERILAKU BULLYING DI SMK KRIDAWISATA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Main Author: WIDIYA, RIZKITA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/12965/1/BAB%201%2C2%20DAPUS%20WIDIYA%20RIZKITA.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/12965/2/FULL%20SKRIPSI%20WIDIYA%20RIZKITA.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/12965/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Bullying verbal, artinya menyakiti dengan ucapan. Perilaku bullying yang terjadi di SMK Kridawisata yang penulis temukan adalah bullying verbal contohnya seperti sering memerintah, suka mengolok-olok dan memanggil nama dengan sebutan lain atau sebutan yang tidak baik perilaku tersebut dilakukan oleh beberapa peserta didik kepada salah satu teman dikelasnya yang terlihat pendiam.Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang jenis bullying verbal yang seperti apa yang terjadi di sekolah, lalu faktor apa yang mempengaruhinya dan bagimana peran seorang guru Bimbingan Konseling di sekolah dalam mengurangi perilaku bullying verbal yang dilakukan peserta didiknya di SMK Kridawisata Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan permasalahannya, dengan desain penelitian study case yaitu studi kasus tunggal ( single case study ). Dan data serta informasi yang penulis dapatkan dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam ( indepth interview ) dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa perilaku bullying verbal yang terjadi di SMK Kridawisata berupa perilaku saling mengejek, sering memerintah dan memanggil dengan sebutan lain atau sebutan yang tidak baik, faktor penyebabnya disebabkan karena lingkungan juga pergaulan peserta didik. Dalam mengurangi perilaku bullying verbal guru BK menggunakan layanan konseling kelompok.