HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TK SEKECAMATAN BELALAU LAMPUNG BARAT

Main Author: APRINA, Yusup
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/12931/1/SKRIPSI_PERPUS.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/12931/2/SKRIPSI_FULL.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/12931/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kompetensi profesional adalah kemampuan penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam, dan meliputi keahlian dalam bidangnya, yaitu penguasaan bahan yang harus diajarkannya beserta metodenya, rasa tanggung jawab akan tugasnya, dan rasa kebersamaan dengan sejawat guru lainnya. Pengelolaan pembelajaran merupakan suatu proses penyelenggaraan interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Rumusan masalah dalam peneliti ini adalah: Apakah ada hubungan antara kompetensi profesionalisme guru dengan pengelolaan pembelajaran anak usia dini di TK/PAUD Se Kecamatan Belalau Lampung Barat? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kompetensi propesinalisme guru dengan pengelolaan pembelajaran anak usia dini di TK/PAUD Se Kecamatan Belalau Lampung Barat. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan jenis kuantitatif karena, peneliti ingin melihat data penelitian dengan menggunakan angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Teknik pengumpul data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner / angket, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif. Berdsarkan dari perhitungan statistik, hasil pengujian hipotesa tersebut di peroleh signifikan 5% (0,05) adalah -0,033 < 0,05. Dengan demikian hasilnya menerima hipotesa alternatif (ha) diterima sehingga terdapat hubungan antara kompetensi profesional guru dengan pengelolaan pembelajaran. Demikianlah hasil dari perhitungan antara variabel X yaitu kompetensi profesional guru dengan variabel Y yaitu pengelolaan pembelajaran yang mana kedua variabel ini saling berhubungan. Kata kunci : Profesional Guru, Pengelolaan Pembelajaran, Anak Usia Dini