PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK
Main Author: | NURMA, LINDA LESTARI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/12911/1/bab%201%2C2%20dan%20dapus.pdf http://repository.radenintan.ac.id/12911/2/NURMA%20LINDA%20LESTARI%20%28BURNING%29.pdf http://repository.radenintan.ac.id/12911/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Berdasarkan hasil dari pra penelitian di MTs Muhammadiyah Margototo diketahui bahwa pemahaman konsep dan minat belajar pada peserta didik masih dikatakan rendah, terlihat dari hasil nilai pra survey. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasy eksperimen design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Muhammadiyah Margototo, Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik acak kelas atau cluster random sampling dimana kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran flipped classroom berbantuan media audio visual dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji Manova menggunakan bantuan program R diperoleh nilai sehingga ditolak. Kesimpulannya bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan media audio visual untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Flipped Classroom, Pemahaman Konsep, Minat Belajar.