PENGARUH MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK

Main Author: RATU, AYU BILQIS
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/12881/1/bab%201%262.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/12881/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/12881/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENGARUH MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs)TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK Oleh Ratu Ayu Bilqis Rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan berpikir reflektif peserta didik di SMP Negeri 8 Bandar Lampung dikarenakan peserta didik kesulitan dalam menggunakan rumus dan menyelesaikan soal-soal yang diberikan serta kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis dan berpikir reflektif peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dengan peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran menggunakan metode konvensional yang dilakukan oleh peneliti pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan quasy experimental design dengan Posttest Design.Penelitian ini memiliki jumlah populasi sebanyak 270 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelasdengan teknik sampling pada penelitian ini menggunakancluster random sampling yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang mendapat model pembelajaran Model Eliciting Activities dan kelas VIII C sebagi kelas kontrol yang mendapat pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (essay) Berdasarkan hasil perhitungan, setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji MANOVA menggunakan SPSS 22 didapat bahwa nilai dari Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root = 0.000 dan nilai α kriteria uji= 0.05 yang berarti nilai lebih kecil dibandingkan α kriteria uji sehingga hipotesis ditolak dan diterima yang berarti terdapat pengaruh Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan berpikir reflektif peserta didik. Kata Kunci :Model Eliciting Activities, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Berpikir Reflektif