ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS KELAS VII SMP GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG

Main Author: IKE, SAFARIDA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/12734/1/SKRIPSI_PERPUS.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/12734/2/SKRIPSI_FULL.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/12734/
Daftar Isi:
  • ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS KELAS VII SMP GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG Oleh Ike Safarida Telah dilakukan penelitian mengenai Analisis Proses Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele dalam Pemecahan Masalah Matematis Kelas VII di SMP Gajah Mada Bandar Lampung yang bertujuan untuk menganalisis Proses Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele dalam Pemecahan Masalah Matematis pada Kelas VII SMP Gajah Mada Bandar Lampung, dengan materi Bangun Datar. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif berupa deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif dalam penelitian ini digunakan untuk menggambarkan profil proses berpikir siswa berdasarkan teori van hiele dalam pemecahan masalah matematis kelas VII SMP Gajah Mada Bandar Lampung. Terdapat dua jenis instrument yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu instrument utama yang merupakan peneliti sendiri dan instrument bantu yang berupa instrument tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari enam siswa sampel, dua di antaranya memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi dan berada pada tahap berpikir analisis. Dua lainnya memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis sangat tinggi dengan tahap berpikir deduksi informatif. Dan dua yang terakhir memiliki tingkat pemecahan masalah cukup dengan tahap berpikir visualisasi. Kata kunci : Pemecahan masalah matematis, proses berpikir, tahap berpikir Van Hiele.