PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA
Main Author: | ANITA, DESTATI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/12538/1/skripsi%20bab%201%262.pdf http://repository.radenintan.ac.id/12538/2/Skripsi%20full.pdf http://repository.radenintan.ac.id/12538/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Kemampuan komunikasi matematis dan pehamaham konsep siswa dalam pembelajaran matematika sangatlah penting bagi siswa dikarnakan jika kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa baik maka dalam belajar matematika untuk menyelesaikan masalah dikatan lebih baik. Berdasarkan dari hasil pra penelitian yang dilakukan oleh peneliti di MTs Riyadlatul Ulum Batanghari Lampung Timur Kelas IX untuk kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa tergolong kategori rendah yaitu dimana siswa masih mendapatkan nilai di bawah KKM ( ) dari 84 siswa yang mencapai KKM sebanyak 17 siswa. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep siswa. Tujuan peneliti ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksprimen Desain dengan rancangan penelitian faktorial Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX 1 dan IX 2 MTs Riyadlatul Ulum Lampung Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling (teknik acak kelas). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunaka yaitu uji Normalitas dan Homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Multivariate Analysis of Varians (Manova). Berdasarkan hasil penelitian dan hitung uji Monova, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Terdapat pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Terdapat pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs), Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemahaman Konsep Siswa.