STRATEGI PEMASARAN TOUR DAN TRAVEL HAJI DAN UMRAH DALAM MENARIK MINAT CALON JAMA’AH PADA PT. AL-MULTAZAM BANDAR LAMPUNG

Main Author: REFLI, ANTASA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/12325/1/SKRIPSI%202.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/12325/2/SKRIPSI%20Refli%20Antasa.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/12325/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Strategi adalah suatu rencana yang sudah ditetapkan secara matang untuk menjalankan kegiatan dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan dan target yang telah ditentukan bersama. strategi dimaksudkan untuk mempertahankan keberlangsungan bisnis perusahaan dibandingkan para pesaingnya dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Pemasaran adalah hasil prestasi kerja kegiatan usaha yang berkaitan dengan mengalirnya barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Sedangkan Pemasaran syariah merupakan bagian dari bentuk muamalah/bisnis yang diperbolehkan dalam Islam sepanjang dalam prosesnya masih mematuhi peraturan dalam Islam dan menjauhi larangan-Nya. Manajemen haji dan umrah adalah proses mengatur atau mengelola kegiatan haji dan umroh dengan menggunakan fungsi-fungsi manajemen dalam mencapai tujuan bersama yaitu dalam menarik minat calon Jama’ah . Oleh sebab itu penulis ingin meneliti tentang Strategi Pemasaran Tour Dan Travel Haji Dan Umrah Dalam Menarik Minat Calon Jama’ah Pada PT. Al-Multazam Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi Pemasaran Tour Dan Travel Haji Dan Umrah Dalam Menarik Minat Calon Jama’ah Pada PT. Al-Multazam Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menyediakan penelitian dalam bentuk deskriptif. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumnetasi. Data primer diperoleh langsung dari responden yaitu pimpinan dan staff karyawan PT. Al-Multazam. Populasi berjumlah 7 orang dari struktural lembaga. Sedangkan sampel hanya diambil 2 orang dari struktural lembaga dengan tekhnik probability sampling (tekhnik pengambilan sample yang memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel). Sedangkan data sekunder berupa teori-teori dan norma hukum serta data penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan, dokumentasi dan monografi lembaga. Semua data tersebut merupakan bahanbahan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran dan manajemen haji dan umrah dalam menarik minat calon jama’ah di PT. Al-Multazam Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh PT. Al-Multazam dalam menarik minat calon jama’ah adalah dalam konteks strategi yang digunakan sudah berfungsi dengan baik, dan pemasaran yang digunakan dengan bauran pemasaran syariah yang terdiri dari strategi produk, Strategi Harga, Strategi Distribusi, Strategi Promosi, manusia, Proses, bentuk fisik, janji dan sabar. Namun dalam konteks peningkatan jama’ah dilihat dari 3 tahun terakhir yaitu dari tahun 2017-2019 menurut penulis belum berhasil , alasannya karena melihat data yang ada bahwa rekapulasi data selama 3 tahun terahir mengalami naik turun. Selanjutnya strategi pemasaran PT. Al-Multazam lebih menekankan penggunaan tekhnik pemasaran secara langsung atau perorangan, browsur dan WhattApp saja sehingga ruang lingkup pemasarannya kecil serta kurang sumber daya manusia pada PT. Al-Multazam. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh PT. Al-Multazama tkurang efektif dan efisiien.