IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS V SDN 03 NEGERI BATIN KEC BLAMBANGAN UMPU, KAB WAY KANAN

Main Author: Siska, Pratama
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/12284/1/PERPUS%20PUSAT.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/12284/2/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/12284/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DIKELAS V SDN 03 NEGERI BATIN, KEC BLAMBANGAN UMPU KAB WAY KANAN Oleh Siska Pratama Penelitian ini berawal dari kurang diimplemetasikannya nilai-nilai pancasila dalam proses pembelajaran. Seperti yang penulis lihat di sekolah tersebut bahwa masih ada peserta didik yang belum melakukan pembiasaan diri apa yang telah diterapkan disekolah. Peserta didik kurang menerapkan nilai-nilai pancasila (Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh kebijaksanaan permusyawaratan perwakilan, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia), kurangnya kesadaran peserta didik untuk berdo‟a sebelum memulai pembelajaran, masih ada peserta didik yang melakukan bullying, masih ada peserta didik yang kurang berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya pengawasan yang ada sehingga peserta didik masih melakukan pelanggaran. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai pancasila dalam proses pembelajaran di kelas V SDN 03 Negeri Batin, Kec Blambangan Umpu Kab Way Kanan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang berperan di SDN 03 Negeri Batin, Kec Blambangan Umpu, Kab Way Kanan. Sampel salam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru wali kelas 5, dan peserta didik dikelas 5 di SDN 03 Negeri Batin. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengimplementasikan nilai-nilai pancasila dalam proses pembelajaran (pendahuluan, inti dan penutup). Kata Kunci: Nilai-Nilai Pancasila, Proses Pembelajaran