PENGARUH IMPLEMENTASI TEKNIK KONSELING CLIENT CENTERED TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 33 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Main Author: | ZAKRI, AFANLY HARAHAP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/12276/1/skripsi%20bab%201%262.pdf http://repository.radenintan.ac.id/12276/2/skripsi%20full.pdf http://repository.radenintan.ac.id/12276/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK PENGARUH IMPLEMENTASI KONSELING CLIEN CENTERED TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 33 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Oleh: Zakri Afanly Harahap Kemandirian belajar merupakan kemampuan untuk mengelola semua yang dimiliki sendiri yaitu memiliki keinginan yang kuat, kemampuan untuk memutuskan dan melakukan sesuatu yang benar tanpa harus diberi tahu, mampu menemukan apa yang ada disekitar, berusaha untuk terus bergerak untuk melakukan beberapa hal walaupun keadaan terasa sulit, serta bertanggung jawab akan segala tingkah laku dan perbuatan yang disengaja dan mampu untuk menyakini seluruh potensi yang dimiliki. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode preeksperimental desing dengan metode one gruf pretest dan post test kemudian dianalisis dengan uji wilcoxon. subyek penelitian sebanyak 5 peserta didik yang memiliki kemandirian belajar yang rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar peserta didik meningkat setelah diberikan perlakuan teknik konseling clien centered. Adapun hasil dapat diketahui bahwa nilai signifikan 0,000 dengan hasil sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat perbedaan layanan informasi dengan teknik client centered atau dengan kata lain teknik konseling client centered berpengaruh dalam kemandirian belajar peserta didik SMP Negeri 33 Bandar Lampung tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Layanan client centered, kemandirian belajar.