PENERAPAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I B SD NEGERI 4 WAYLAGA PANJANG BANDAR LAMPUNG

Main Author: Yova, Cahya Furi
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/12265/1/SKRIPSI%202.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/12265/2/Skripsi%20Yova%20Cahya%20Furi%201411100155.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/12265/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri 4 Waylaga Panjang Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media Big Book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik kelas I B SD Negeri 4 Waylaga Panjang Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Waylaga Panjang Bandar Lampung.Subjek penelitian adalah peserta didik kelas I B sebanyak 30 peserta didik. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari III siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam III kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan membaca peserta didik memperoleh nilai rata-rata 69,92 dengan ketuntasan klasikal 53,33%. Pada siklus II kemampuan membaca memperoleh nilai rata-rata 71,87 dengan ketuntasan klasikal 63,33%, Pada siklus III meningkat kemampuan membaca peserta didik memperoleh nilai rata-rata 73,33 dengan ketuntasan klasikal 76,67% dengan kriteria tercapai dalam indikator keberhasilan adalah 75%. Hal ini menunjukkan dari siklus I sampai III rata-rata kemampuan membaca peserta didik mengalami peningkatan dan dapat disimpulkan bahwa penerapan media Big Book dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Permulaan, Media Big Book