KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PELAKSANAAN EVALUASI NON TEST BERBASIS KELAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 AMBARAWA KABUPATEN PRINGSEWU

Main Author: ALFAN, JULIANSYAH
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/12259/1/SKRIPSI%202.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/12259/2/SKRIPSI%20ALFAN%20JULIANSYAH.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/12259/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Evaluasi Non Test Berbasis Kelas Di Sekolah Dasar Negri 1 Ambarawa Kabupaten Pringsewu Oleh Alfan Juliansyah Kompetensi Pedagogik adalah kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran,evaluasi merupakan salah satu aspek penting yang harus dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negri 1 Ambarawa, yang dikhususkan untuk meneliti guru Pendidikan Agama Islam Kelas V Dalam pelaksanaan Kompetensi Pedagogik dan Evaluasi Nontest. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriif, Metode penelitian kualitatif digunakan untuk peneliti pada kondisi objek alamiyah dimana peneliti adalah instrument kunci, tekhnik pengumpulan data digunakan secara tringulasi gabungan, analisis data bersifat induktif / kualitatif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil dari Penelitian menunjukan bahwa Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri 1 Ambarawa memiliki kompetensi yang baik dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran.sedangkan untuk hambatan ada beberapa kendala yang dihadapi guru diantaranya adalah kendala yang ditimbulkan dari peserta didik, setiap peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda seperti ada yang bagus hafalannya, ada yang lemah bahkan ada yang jauh tertinggal dalam memahami materi dengan keadaan seperti ini guru sulit merencanakan evaluasi yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Kata Kunci : Kompetensi pedagogik, Evaluasi Non Tes.