PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA
Main Author: | DAMAYANI, DAMAYANI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/12181/1/damayani%20bab1%2C2%2Cdapus.pdf http://repository.radenintan.ac.id/12181/2/damaiyani%20fulll.pdf http://repository.radenintan.ac.id/12181/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experimental research dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Gunung Agung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan sampel kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik dan observasi untuk mengetahui keterlaksanaan model. Hasil analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik kedua kelas dilakukan menggunakan uji hipotesis atau uji-t yang menunjukkan nilai ������� > �� �� yaitu 31,09 > 2,045 yang berarti �� ditolak sehingga � diterima atau peserta didik mampu berpikir kritis menggunakan model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) pada pembelajaran fisika.