IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020
Main Author: | NADYA, AMALIA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/11950/1/PUSAT%20BAB%201-2.pdf http://repository.radenintan.ac.id/11950/2/SKRIPSI%20NADYA%20AMALIA.pdf http://repository.radenintan.ac.id/11950/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Permasalahan dalam sebuah penelitian ini tentang konsentrasi belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang kurang dalam mengetahui cara agar selalu berkonsentrasi pada saat belajar dan peserta didik sering mengabaikan sera tidak mengetahui pentingnya sebuah konsentrasi saat belajar, hal ini menarik peneliti untuk meneliti karena berkaitan dengan kelancaran dari sebuah proses belajar mengajar dan membuat hasil belajar menjadi lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik ice breaking dapat meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan sebuah teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden dalam sebuah penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dilaksanakan secara kelompok berjumlah 6 peserta didik dengan menggunakan metode diskusi dan teknik ice breaking dengan menggunakan triangulasi sumber yakni dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari sebuah penelitian ini bahwa penerapan dari sebuah layanan bimbingan kelompok dengan teknik ice breaking untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Bandar Lampung telah dilaksanakan dengan maksimal dan sebaik mungkin, meski terkendala Covid 19 yang melanda dunia yang mengakibatkan tidak bisa dilakukan secara tatap muka sehingga penelitian ini dilakukan secara online menggunakan Aplikasi Zoom. Semangat dan antusias peserta didik membuat sebuah layanan berjalan dengan baik dan terdapat pengaruhnya untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik, namun hal ini masih perlu ditingkatkan agar peserta didik selalu berkonsentrasi saat belajar.