KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS HIDAYATUL MUBTADIIN, SIDOHARJO JATI AGUNG, LAMPUNG SELATAN

Main Author: FITRI, SETIANINGSIH
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/11774/1/bab%201%2C2%20dan%20dapus.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/11774/2/skripsi%20fitri%20fitri%20seianingsih.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/11774/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kepemimpinan kepala madrasah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran sekolahnya melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Hidayatul Mubtadiin, Sidoharjo Jati Agung, Lampung Selatan. Penelitian yang dilakukan ini bersifat kualitatif deskriptif, dengan alat pengumpul data berupa wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, dan Tenaga Pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru sudah terlaksana, dari 5 indikator yang ada semua telah terlaksana. Indikator yang telah terlaksana adalah: 1) Pemberian motivasi , sudah terlaksana dengan kepala madrasah memberikan motivasi kepada guru untuk meningkatkan pembelajaran dan memberikan pujian kepada guru yang berprestasi. 2) Pemberian penghargaan, sudah terlaksana dengan kepala madrasah memberikan Penghargaan atau reward kepada guru yang berprestasi berupa uang pembinaan. 3) Dari segi pemberian pelatihan kepala madrasah mengirimkan guru dalam pelatihan atau seminar yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru, selain itu diadakan pelatihan profesional guru di madrasah. 4) Pemberian Konsultasi, kepala madrasah selalu terbuka untuk mendengarkan keluhan-keluhan yang dirasakan guru dan memberikan solusi untuk mengatasinya. 5) Kegiatan kunjungan kelas kepala madrasah melakukan kunjungan kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung untuk mengetahui keefektivan proses belajar mengajar. Dengan demikian bahwa Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru sangat berperan penting terhadap kemajuan kualitas pembelajaran sehingga dapat mendorong mutu pendidikan yang lebih baik.