KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs. MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG
Main Author: | WAHYU RAHMAN SAPUTRA, SAP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/11705/1/WAHYU%20BAB1%2C2%2C3.pdf http://repository.radenintan.ac.id/11705/2/wahyufullskripsi.pdf http://repository.radenintan.ac.id/11705/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Dalam suatu lembaga pendidikan keberadaan kepala madrasah adalah suatu aspek penting, selain tenaga pendidik, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, dan lain – lain. Karena kepala madrasah harus mampu mempengaruhi orang lain dan lingkungan sekitarnya termasuk lingkungan madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu informasi berupa huruf bukan angka. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Tenaga Pendidik, dan Tenaga Kependidikan. Kunci informan pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah karena setiap hari terlibat secara langsung dengan kegiatan tenaga pendidik dalam proses pembelajaran di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data ialah menggunakan teknik wawancara atau interview, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru sudah baik, karena dari 7 indikator sudah terlaksana dengan baik yaitu, pemberian motivasi, pembinaan kedisiplinan, kegiatan kunjungan kelas, pemberian konsultasi, sikap dan perilaku teladan, dan meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik. Sedangkan untuk kinerja guru sudah baik pula, karena dilihat dari 3 indikator sudah terlaksana dengan baik yaitu, kemampuan menyusun rencana pembelajaran, kemampuan melaksanakan pembelajaran, dan kemampuan melaksanakan penilaian hasil pembelajaran. Dengan demikian bahwa Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru sangat berperan penting terhadap kemajuan kualitas pembelajaran sehingga dapat mendorong mutu pendidikan terhadap kemajuan kualitas pembelajaran sehingga dapat mendorong mutu pendidikan dimana kinerja para tenaga pendidik merupakan kunci keberhasilan dalam dunia pendidikan.