PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 PASIR SAKTI LAMPUNG TIMUR

Main Author: NURFITASARI, NUR
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/11640/1/SKRIPSI%202.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/11640/2/SKRIPSI%20FIKS%20NURFITASARI%201611080095.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/11640/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Motivasi adalah sesuatu yang mendorong peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar, baik berasal dari dalam diri sendiri maupun dari luar diri peserta didik, seperti orang tua, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, kondisi sosial ekonomi, guru, dan teman. Namun kenyataanya terdapat beberapa peserta didik yang terindikasi memiliki motivasi belajar yang rendah. Sehingga perlu mennumbuhkan motivasi belajar supaya tidak mengganggu prestasi belajar dan masa depanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan motivasi belajar peseerta didik di SMA Negeri 1 Pasir Sakti Lampung Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Pre- experimental design. Sampel dalam penelitian ini adalah 7 peserta didik X IPS. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Adapun hasil dapat diketahui bahwa adanya motivasi belajar. Dengan hasil pretest 58 dan setelah diberi perlakuan menjadi 96,2. Hasil uji Wilcoxon menunjukan p=0,018 sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat di jadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.