IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA MAMBA’UL ULUM MARGOYOSO KECAMATAN SUMBEREJO KABUPATEN TANGGAMUS

Main Author: Nunung Heryanti, Her
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/11614/1/SKRIPSI%20%20BAB%201%26%202.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/11614/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/11614/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hakikat dari manajemen kelas adalah penciptaan kondisi belajar peserta didik yang lebih kondusif. Sedangkan kondisi belajar yang kondusif merupakan prasyarat yang paling penting bagi kelancaran terselenggaranya kegiatan belajar peserta didik, sehingga dengan lancarnya pelaksanaan pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar yang lebih optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implentasi Manajemen Kelas pada pembelajaran akidah akhlak di MA Mamba’ul Ulum Margoyoso Kec. Sumberejo Kab. Tanggamus. Manajemen kelas yang baik adalah yang dapat melayani dan membantu kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran. Oleh karena itu, manajemen kelas merupakan substansi penting dalam pelaksanaan pembelajaran dan kompetensi profesional guru. Peserta didik bukan lagi subyek yang harus selalu aktif, sedangkan guru bukan lagi sebagai pusat pembelajaran melainkan bertindak sebagai fasilitator dan manajer kelas serta bertanggung jawab pada pelaksanaan pembelajaran yang kondusif dan bermakna dengan jalan memberdayakan segala komponen dalam kelas dan hal-hal yang mendukung lainnya.Penelitian ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini guru Akidah Akhlak, Kepala Madrasah dan Peserta Didik adalah sebagai subjek penelitian.Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai cara antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang berhubungan dengan obyek yang diteliti. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan pada guru dan calon guru akan pentingnya manajemen kelas dalam proses pembelajaran sehingga tercapainya suatu tujuan yang telah ditentukan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, maka kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen kelas dalam pelaksanaan pembelajaran di MA Mamba’ul Ulum Margoyoso Kec. Sumberejo Kab. Tanggamus.sudah dilakukan dengan sangat baik dengan menggunakan indikator manajemen kelas yang meliputi: (a) pengaturan peserta didik, dan (b) pengaturan fasilitas.