Pengembangan Pocket Book Digital Bercirikan Etnomatematika untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama

Main Author: Herawati, Ika
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/10611/1/skripsi%20bab%201%262.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/10611/2/skripsi%20full%20ika.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/10611/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan, respon maupun efektivitas pembelajaran menggunakan pocket book digital bercirikan etnomatematika untuk sekolah menengah pertama. Jenis penelitian yang digunakan research and development (RnD) dengan model ADDIE. Tahapan model ADDIE meliputi 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Teknik analisis data penelitian terhadap pocket book digital menggunakan 2 teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui angket, wawancara, dokumentasi,dan tes. Penelitian dilakukan di SMPN 7 Metro. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi guna mengetahui kelayakan pocket book digital diberikan kepada para ahli dan angket respon kemenarikan pocket book diberikan kepada peserta didik. Hasil penilaian angket ahli media diperoleh rata-rata sebesar 3,42 dengan kriteria “layak” dan hasil penilaian angket ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 3.39 dengan kriteria “layak”. Adapun hasil penelitian ini dengan respon peserta didik dari penggunaan pocket book digital bercirikan etnomatematika dalam uji skala kecil yang dilakukan kepada 10 peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 3,49 dengan kriteria “sangat menarik” dan uji skala besar yang dilakukan kepada 20 peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 3,64 dengan kriteria “sangat menarik” Dan tingkat keefektifan penggunaan pocket book digital bercirikan etnomatematika yang diterapkan dalam proses pembelajaran mendapatkan nilai uji effect size sebesar 0,59 dengan kategori ”sedang”. Dapat disimpulkan bahwa pocket book digital tersebut layak, menarik dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Pocket Book Digital, Etnomatematika