PEMBELAJARAN TAHFIDZ ALQUR’AN DI KELAS FULL DAY SMP MUHAMMADIYAH 1 GADINGREJO
Main Author: | Melya Damayanti, DAM |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/10332/1/PEMBELAJARAN%20TAHFIDZ%20ALQUR.pdf http://repository.radenintan.ac.id/10332/2/tesis%20lengkap.pdf http://repository.radenintan.ac.id/10332/ http://repository.radenintan.ac.id/cgi/users/home?screen=EPrint::Edit&eprintid=7626&stage=core#t |
Daftar Isi:
- Pembelajaran tahfidz Al-Qur’an merupakan salah satu program unggulan di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo, prestasi yang diperoleh peserta didik mulai dari tingkat kabupaten, provinsi sampai nasional mengundang minat masyarakat untuk memasukan anak mereka kedalam program unggulan tersebut. Pengaplikasian metode sorogan dan strategi pembelajaran tutor sebaya yang dipilih pihak sekolah dalam pembelajaran tahfidz namun terlihat berbedanya hasil pembelajaran antara tahun ajaran 2018-2019 dengan tahun ajaran 2010-2020 yang menarik perhatian penulis untuk meneliti lebih lanjut, sehingga muncul rumusan masalah ”Bagaimana pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di kelas full day SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo”. Dengan memperhatikan dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di kelas full day SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif serta alat pengumpul data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan sumber data kepala sekolah beserta wakilnya, guru yang mengajar dikelas full day serta peserta didik yang belajar di kelas full day. Kemudian dalam analisis dilakukan langkah-langkah reduksi data, sajian data dan menarik kesimpulan, adapun menganalisi data dengan cara berfikir induktif. Temuan penelitian yang didapat peneliti ketika berada dilapangan dari perencanaan yaitu pembuatan jadwal pelajaran, kemudian RPP dan LDS yang baru dimunculkan pada tahun ajaran 2019-2020. Pelaksanaan yang diterapkan menggunkan metode sorogan dan stategi tutor sebaya ditahun sebelumnya hanya menggunakan buku pegangan guru namun berbeda di tahun 2019-2020 siswa mengunakan LDS untuk menentukan target hafalan. Evaluasi yang diterapkan saat ini membuat siswa lebih banyak memurajaah dimana guru menerapkan penilaian mulai dari penilaian harian, penialaian tengah semester dan penilaian akhir semester. Hasil penelitian ini berpusat pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang diterapkan pada pembelajaran tahfidz di kelas full day SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo dengan menggunakan metode sorogan dan strategi pembelajaran tutor sebaya,. Terlihat perbedaan didalamnya, perbaikan dari perencanaa, pelaksanaan, dan evaluasi dari yang telah diterapkan ditahun sebelumnya sehingga menghasilkan kualitas yang berbeda pula.