Implementasi Metode Tartil Dalam Pemberantasan Buta Aksara Al-Qur’an Pada Murid Sekolah Dasar

Main Authors: Syafril, Syafrimen, Yaumas, Nova Erlina
Format: Proceeding PeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/102/1/1._Implementasi_Metode_Tartil_%28edit%29.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/102/
Daftar Isi:
  • Kajian ini dijalankan adalah untuk melihat implementasi Metode Tartil sebagai satu metod alternatif dalam pemberantasan buta aksara al-Qur’an pada murid Sekolah Dasar (SD). Kajian dijalankan menggunakan metod gabungan (explanatory mixed methods designs) melalui dua fasa. Fasa pertama menggunakan metod kuantitatif (true experiment; pretest-postest one group design) melibatkan 78 orang murid dari dua buah SD. Fasa kedua menggunakan metod kualitatif (multi case-multi site case study design) melibatkan 13 orang murid yang telah belajar dan 2 orang guru mengajar al-Qur’an dengan metode Tartil. Data fasa pertama dikumpulkan melalui ujian al-Qur’an secara lisan, nilai yang diperolehi dianalisis menggunakan statistik deskriptif berbantukan perisian SPSS (Statistical Package for Social Science) Windows 19.0. Data fasa kedua dikumpulkan melalui indepth interview, kemudian dianalisis secara tematik berbatukan software Nvivo 8. Dapatan kajian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan kemampuan membaca al-Qur’an murid yang dibimbing menggunakan metode Tartil (57.57% baik & 42.43 % sederhana). Data fasa kedua menunjukkan bahwa terdapat empat hal yang menyebabkan murid itu cepat belajar al-Qur’an menggunakan metode Tartil, yaitu; (i) metode tersebut sangat menyenangkan,, sederhana dan praktis, (ii) materi dikemas dengan ringkas dan tersusun secara sistematik, (iii) mudah diingat kerena dibantu dengan warna khusus pada setiap materi yang dipelajari, (iv) terus diajarkan cara membaca al-Qur’an yang baik dengan seni muratal.