PENINGKATAN PEMBELAJARAN PKn TENTANG HIDUP RUKUN DALAM PERBEDAAN MELALUI PENDEKATAN INDUKTIF PADA SISWA KELAS I SDN NO. 84 KOTA PAREPARE

Main Author: Tuken, Ritha; Kampus V UNM UPP PGSD Parepare
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi PGSD FIP UNM , 2012
Subjects:
Online Access: http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend/article/view/1585
http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend/article/view/1585/647
Daftar Isi:
  • Studi tentang PKN adalah studi yang secara langsung berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan oleh karena itu memfokuskan belajar pada ranah afektif. Dan sikap siswa banyak dipengaruhi oleh lingkungan mereka, baik keluarga atau lingkaran teman-teman. Dalam mengajar PKN pada siswa kelas 1 SDN No.84 Parepare, peneliti menggunakan pendekatan induktif dengan menggunakan benda-benda konkret atau media gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dirancang oleh guru untuk mengamati, melakukan, dan merefleksikan pelajaran. Peneliti perlu mengetahui bahwa meskipun perencanaan pengajaran begitu lengkap dan rinci, kinerja mengajar terkadang menyimpang dari perencanaan. Dalam hal ini, penelitian tindakan kelas dengan mudah dapat mengatasi penyimpangan dari perencanaan. Hasilnya menunjukkan bahwa peningkatan sangat tinggi karena siswa mudah menyerap materi yang diberikan.Kata-kata kunci: Pembelajaran PKn, pendekatan induktif.