KEBUTUHAN PELATIHAN APRESIASI SENI TARI NUSANTARA DAERAH SETEMPAT PADA GURU SEKOLAH DASAR DI MAKASSAR

Main Author: Wahira, Wahira; PGSD FIP UNM
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi PGSD FIP UNM , 2012
Subjects:
Online Access: http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend/article/view/1416
http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend/article/view/1416/581
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kebutuhan pelatihan apresiasi seni daerah setempat bagi guru sekolah dasar, bentuk kegiatan pembelajaran apresiasi seni tari yang sudah pernah dilakukan oleh guru sekolah dasar, dan jenis bahan ajar apresiasi seni tari yang sudah pernah dilaksanakan dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan di sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D). Responden penelitian adalah guru sekolah dasar di Makassar. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Temuan penelitian ini, kebutuhan dan keberhasilan pelaksanaan pelatihan dipengaruhi oleh materi pelatihan, program pelatihan, bentuk pelatihan, instruktur pelatihan, sarana & prasarana pelatihan dan CD tari pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan akan pelatihan apresiasi seni tari Nusantara daerah setempat sangat tinggi dan sangat dibutuhkan oleh guru sekolah dasar di Makassar terbukti dari angket kebutuhan yang diberikan kepada guru sekolah dasar sebanyak 30 orang, bentuk kegiatan pembelajaran apresiasi seni tari yang sudah pernah dilakukan oleh guru sekolah dasar kurang baik, dengan rerata skor 2.01, dan jenis bahan ajar apresiasi seni tari yang sudah pernah dilaksanakan dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan di sekolah dasar juga kurang baik, dengan rerata skor 2,19.Kata Kunci: pelatihan, apresiasi, seni tari, Nusantara daerah setempat.