Implementasi Integrated Learning Berbasis Saintifik-Religius Bagi Guru Madrasah di Kota Malang

Main Authors: Ulfatin, Nurul Ulfatin, Maisyaroh, Maisyaroh, Noor Benty, Djum Djum, Mukhadis, Amat Mukhadis
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi PGSD FIP UNM , 2020
Subjects:
Online Access: https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/11215
https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/11215/pdf
https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/downloadSuppFile/11215/1201
Daftar Isi:
  • Sekolah berjenis madrasah di dalamnya terdapat dua macam kurikulum umum dan agama sementara jumlah jam pelajaran terbatas. Perlu pemahaman guru di madrasah dalam memahami bagaimana memadukan muatan kurikulum dengan kurikulum berbasis agama dalam aktivitas pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini bertujuan membantu guru di madrasah agar dapat memilih strategi pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih guru madrasah agar memiliki keterampilan tentang integrated learning dan mengimplementasikannya dengan mengintegrasikan sejumlah matapelajaran yang berbasis saintifik dan religious. Metode pengabdian adalah workshop yang diikuti oleh kepala sekolah dan guru. Pelatihan melibatkan 30 orang guru di dua madrasah tsanawiyah di Kota Malang, Jawa Timur. Kegiatan dilakukan melalui empat tahap yaitu refleksi dan persiapan, sosialisasi materi, workshop, dan peer teaching. Hasil kegiatan pengabdian adalah pemahaman guru tentang integrated learning masih rendah. Beberapa matapelajaran dapat diintegrasikan dengan model pembelajaran connected dan threaded. Dua di antaranya (Akidah Akhlak yang bermuatan religious dan IPA yang bermuatan saintifik) dipilih sebagai contoh penerapan integrated learning oleh peserta dalam peer teaching.