Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dengan Tindakan Stimulasi Perkembangan Psikososial Anak Usia Todler Di Puskesmas Pegambiran Padang Tahun 2015

Main Author: Aulia Prima Zilda
Format: Book
Terbitan: Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang , 2015
Subjects:
Online Access: http://pustaka.poltekkes-pdg.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=2736
http://pustaka.poltekkes-pdg.ac.id:80/repository/AULIA+PRIMA+ZILDA.pdf
Daftar Isi:
  • Karya Tulis Ilmiah, Juni 2015 Aulia Prima Zilda Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dengan Tindakan Stimulasi Perkembangan Psikososial Anak Usia Todler Di Puskesmas Pegambiran Padang Tahun 2015 vii + 62 hal + 9 lampiran ABSTRAK Perkembangan psikososial todler merupakan proses perkembangan kemampuan anak dalam mengembangkan kemandirian. Salah satu Puskesmas yang belum mencapai target melaksanakan SDIDTK yaitu Puskesmas Pegambiran. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan terdapat 3 orang anak yang masih belum mandiri, 2 orang anak sudah mandiri. Tujuan penelitian ini adalah melihat hubungan pengetahuan dan sikap orang tua dengan tindakan stimulasi perkembangan psikososial anak usia todler. Desain penelitian adalah cross sectional yang dilakukan di Puskesmas Pegambiran Padang bulan Januari sampai Mei tahun 2015. Populasi adalah ibu yang mempunyai anak usia todler yang berjumlah 126 orang dengan sampel berjumlah 56. Teknik pengambilan sampel adalah acidental sampling. Pengumpulan data dilakukan tanggal 29 April sampai 4 Mei di Puskesmas Pegambiran Padang. Alat ukur yang digunakan yaitu angket. Analisa data dengan menggunakan analisa univariat dan analisa bivariat dengan pengujian chi squre Hasil penelitian diperoleh ibu yang memiliki pengetahuan kurang dalam perkembangan psikososial usia todler (65,5%), ibu memiliki sikap negatif (44,6%), ibu memiliki tindakan yang kurang baik (57,1%), terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan ibu dengan tindakan stimulasi perkembangan psikososial, dan sikap ibu dengan tindakan stimulasi perkembangan psikososial todler dengan p value 0,000 Bagi puskesmas diharapkan mengadakan penyuluhan, menyediakan informasi mengenai perkembangan psikososial, sedangkan bagi profesi keperawatan dapat memberikan informasi tentang perkembangan psikososial anak usia todler normal dan menyimpang, dan bagi peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian tentang perkembangan psikososial anak usia todler. Daftar bacaan : 19 (2005-2015)