Strategi Komunikasi Muslim Biker Indonesia Dalam Merekrut Anggota, 2019.
Main Authors: | MASRAN (Pembimbing), TUTI, Alawiyah |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Jakarta
, 1441
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.fidkom.uinjkt.ac.id//index.php?p=show_detail&id=9891 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKTuti Awaliyah, Strategi Komunikasi Muslim Biker IndonesiaDalam Merekrut Anggota, 2019.Muslim Biker Indonesia adalah salah satu komunitas di JakartaSelatan yang sangat berhasil dalam menjalankan strategikomunikasi untuk merekrut anggota. Rekrutmen Muslim BikerIndonesia bertujuan untuk mendapatkan orang yang berkualitas,yaitu anggota yang benar-benar berniat untuk mengaji, belajaragama, dan bisa menjaga nama baik Muslim Biker Indonesia.Strategi komunikasi sangatlah dibutuhkan agar kualitas tersebutbisa tersampaikan kepada masyarakat. Berdasarkan latar belakangtersebut, maka pertanyaan yang timbul: bagaimana strategikomunikasi Muslim Biker Indonesia dalam merekrut anggota?Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi. Merujukpada teori manajemen strategi Fred R. David, manajemen strategimerupakanmelaksanakan, dan mengevaluasi pengambilan keputusan dalamsenidanilmudalammemformulasikan,suatu organisasi yang bersifat lintas fungsi untuk menunjangpencapaian tujuan organisasi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif denganparadigma konstruktivisme. Dengan menggunakan metodepenelitian studi kasus, penulis mencoba memaparkan data-datayang diperoleh melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi.Dalam penelitian ini memberikan jawaban: pertama, dalamstrategi komunikasi perencanaan MBI, pemenuhan elemenkomunikasi Who Says What In Which Channel To Whom WithWhat Effect. Kedua, Dalam strategi implementasi komunikasiMBI, pemanfaatan sistem informasi dan rekrutmen merupakansarana untuk berdakwah Ketiga, Strategi evaluasi komunikasiMBI adalah perubahan dalam posisi penting eksternal MBI danMBI tidak pernah mentargetkan angka maupun jumlah orangdalam proses rekrutmen. Dalam hal pengukuran kinerja, MBItidak mengadakan evaluasi terhadap kinerja pengurus rekrutmensecara individu melainkan dilakukan terhadap anggota baru.Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Muslim Biker Indonesia,Rekrutmen, Anggota
- x, 122 hl,; 26 cm.