Strategi Komunikasi Radio Star 107,3 FM TangerangDalam Produksi Program AcaraStar In The Morning
Main Authors: | ARMAWATI, Arbi, MUCHLIS, Santri Diputra |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Jakarta
, 1441
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.fidkom.uinjkt.ac.id//index.php?p=show_detail&id=9803 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMuchlis Santri Diputra1113051000137STRATEGI KOMUNIKASI RADIO STAR 107,3 FM TANGERANGDALAM PRODUKSI PROGRAM ACARA STAR IN THE MORNINGDi era informasi yang semakin canggih dewasa ini sudah banyakmedia elektronik yang semakin maju dan berkembang. Sekarang untukmendapatkan informasi berita, hiburan dan pendidikan dapat denganmudah diterima melalui televisi, radio dan internet.Radio merupakan salah satu media komunikasi massa yangefektif bagi masyarakat karena jangkauannya yang luas dan dapatmenembus berbagai lapisan dan kalangan masyarakat. Keberhasilansuatu radio pada umumnya bergantung pada bagus atau tidaknya suatuprogram siaran acara yang disajikan. Oleh karena itu proses produksiprogram siaran harus dilakukan dengan baik dan benar.Berdasarkan hal tersebut, Peneliti bertujuan untuk menjawabpertanyaan berikut. Pertama, Strategi komunikasi apakah yangdigunakan Radio Star 107,3 FM dalam menyiarkan program On Air pagidalam acara Star In The Morning? Kedua, Bagaimana bentuk Formatdari acara pada Program Siaran Radio Star 107,3 FM Tangerang padaacara Star In The Morning?Teori yang digunakan adalah teori konstruksi sosial media massa.Menurut saya teori ini sangat tepat karena didalamnya akan membahastentang tahapan proses produksi program siaran acara Star In TheMorning.Metode yang digunakan penulis untuk mencari data yangdiperlukan adalah metode analisis konstruktivis melalui pendekatankualitatif, yaitu dengan cara melalui observasi lapangan, wawancara,telaah teks rekaman program dan dokumentasi di Radio Star 107,3 FMTangerang secara langsung.Kesimpulan yang dapat dijelaskan adalah dalam proseskonstruksi media massa, proses produksi siaran acara Star In TheMorning dikemas melalui beberapa tahap penting yang harus dilalui.Yaitu tahap penerapan unsur-unsur komunikasi, tahap pembingkaianprolog/skrip acara, tahap pengungkapan diri, tahap pembentukan realitassubjektif, tahap pengemasan realitas simbolik dan tahap penetapanrealitas objektif. Strategi komunikasi yang dilakukan Radio Star 107,3FM Tangerang ada pada tahap pengemasan realitas simbolik. yaitustrategi signing, strategi framing dan strategi priming.Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Radio Star 107,3 FM Tangerang,Program Star In The Morning
- viii, 90 hlm,; 26 cm.